Jumat, 24 November 2017

Ide Cara Menulis Artikel Untuk Blog

Ide Cara Menulis Artikel Untuk Blog

Ada teman yang menanyakan seperti ini: “Cara Membuat Blog, Bisa dipelajari dengan
Acepat, tapi untuk bisa menulis artikel secara berkelanjutan sangat sulit buat sebagian  orang, gimana ya cara mengatasinya??”
Okay saya akan share apa yang saya pelajari dan alami selama ini, semoga memberikan  pencerahan!
Karena, sejujurnya, buat saya pribadi, menulis artikel untuk blog sama sekali bukan masalah  besar. Lalu bagaimana cara saya mensiasatinya?


1. Pergunakan menulis di blog sebagai latihan.

Supaya kita nggak stress ingin menulis apa, tuliskan saja sembarang hal yang anda pelajari  atau temukan beberapa hari terakhir ini.
Lihat dari: Buku yang anda baca ( bila tidak ada buku, main ke Gramedia, selalu ada buku  terbaru disana ). Acara yang lagi hot di dunia, artis yang lagi trend, makanan kesukaan anda,  olahraga kesukaan, balap motor F1 yang terbaru, acara tinju, sepakbola Euro… seminar  terbaru yang anda ikuti, dlsbnya.
Lihat ada banyak ide bukan yang bisa dituangkan dalam sebuah tulisan.  Nah karena tujuan anda menulis adalah untuk sekedar latihan, maka anda tidak harus  membuatnya sangat indah bak esai romance novel dlsbnya. :)  Ingatlah, bahwa ilham akan muncul pada saat kita sudah ambil langkah pertama. Setelah anda  menulis artikel, maka anda akan mendapatkan banyak ide-ide baru di kepala anda siap untuk  dituliskan.

2. Seringlah mampir ke blog sejenis.

Saya pribadi mempunyai blog-blog favourite yang saya sering kunjungi untuk mendapatkan ide  yang saya bisa tulis di blog saya ini.
Jika anda sedang kehabisan ide, atau lebih tepatnya, tidak tahu apa yang akan dituliskan,  maka main saja ke blog favourite anda, dan tulis sesuatu dengan cara anda sendiri.  Jika anda menulis sama persis, maka tentu ini bisa melanggar etika per bloggeran, namun jika  anda menulis ulang, anda boleh 100% berhak.

3. Menjadi penulis yang baik harus mau banyak membaca.

Menurut saya ini adalah langkah terpenting.
Saya pernah baca bahwa: “Anda tidak akan bisa menjadi seorang pemimpin, jika anda tidak  suka membaca!” wow… menarik yah! :D
Bukannya menjadi pemimpin yang baik, namun “tidak bisa” menjadi pemimpin, jika tidak  suka membaca.
Kemaren saya datang ke sebuah seminar gratis. Pembicaranya adalah seorang Direktur yang  berpengalaman 15 tahun bekerja sebagai profesional di belasan perusahaan multinasional  lokal atau luar. Dan yang mengejutkan, ia melakukan survey, bahwa ternyata pekerja dari  Indonesia itu mempunyai:
Reading Illiteracy, alias “buta huruf” alias tidak suka membaca. Bukannya buta huruf secara  harafiah, melainkan buta huruf dalam arti nggak suka baca.  Trus yang menarik lagi, ia menemukan bahwa pekerja dari Indonesia, termasuk “daya  juangnya sangat kurang” :) hem…
Tentu ia cinta Indonesia, anda juga bukan? dan maksud ini adalah kita belajar, apa kelemahan  bangsa kita supaya kita bisa berubah menuju lebih baik.  Bukankah kebetulan, jika dikatakan kita kurang suka membaca dan daya juangnya lemah  dengan “keterpurukan yang kita alami?”
Apakah bukan karena kurangnya membaca dan daya juang yang lemah ini yang menyebabkan  segala sendi Indonesia kita mundur?
Mari belajar dari sana. Jika kita ingin menjadi pebisnis online yang baik, blogger yang baik,  penulis yang hebat, pemimpin yang handal, maka mau tidak mau, kita perlu mulai suka  membaca! :)
Dan jika kita suka membaca, maka masalah ide ini bisa diatasi dengan mudah. Ada begitu  banyak hal yang bisa dituliskan kedalam blog anda bila anda suka membaca.

4. Buatlah blog sethema dengan minat dan bidang kesukaan anda.

Bila anda ngeblog sesuai dengan kesukaan anda, sulit sekali untuk kehabisan ide. Karena  sesuatu yang anda suka akan membuat anda semangat untuk sharing, bayangkan saja bila ada  seseorang yang bertanya, kenapa anda suka hobi tertentu? maka anda bisa berbicara berjamjam mengenai hobi itu bukan?
Kenapa tidak menuangkannya kedalam blog? :)

5. Miliki Tujuan yang jelas kenapa anda ngeblog?

Untuk apa?

Apa yang anda bisa dapatkan dengan menulis artikel di blog? banyak alasannya.  Buat saya, saya yakin sekali, bahwa ngeblog akan mendatangkan kunjungan terus menerus  buat saya. Darisana saya bisa mengkonvertnya menjadi daftar nama, yang selanjutnya dapat  menjadi pembeli terus menerus bagi produk saya atau produk orang lain yang saya  promosikan.
Buat saya juga, blog adalah kerja keras diawal, sama seperti mendorong bola salju, semakin  lama akan semakin mudah karena bola semakin besar dia akan lari sendiri, begitu juga dengan  ngeblog, sekali kunjungan sudah banyak, maka tugas anda hanya tinggal mengipasinya saja,  dengan 1 atau 2 artikel saja seminggu kunjungan akan terus banyak.  **Oyah mengenai hal ini, saya punya seorang teman yang ngeblog sudah 2 tahun lamanya, dan  kini ia sangat jarang ngeblog, karena fokus yang lain di bisnis online, kadang ia hanya menulis  1 postingan saja dalam 1 bulan, malah kadang sama sekali tidak di bulan tersebut. Dan  anehnya, blognya masih ranking 5 besar di kata kunci “Belajar Bisnis Online” Yang banyak  persaingan.
Bahkan blognya masih mendapatkan banyak kunjungan. Bayangkan bila anda sedikit saja lebih  rajin daripada ia? apa yang terjadi? Tapi, jangan lakukan seperti dia di bulan-bulan awal anda  ngeblog. Karena di bulan-bulan awalnya dia rajin ngeblog.  Buat saya, artikel yang saya tulis, dapat menyebabkan ranking saya di search engine sangat  bagus, dan itu akan mendatangkan kunjungan terus menerus dalam jangka waktu yang tak  terbatas.
Hem… apa tujuan anda ngeblog. Jika tujuan itu sangat berharga buat anda, saya yakin anda  akan menemukan ide-ide yang anda dapat tuliskan! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar